Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam RC Valve bro n sist sekalian, akhirnya blog sederhana ini punya tulisan perdana juga. Blog ini saya dedikasikan bagi seluruh penggemar Honda NSR dimanapun berada. Semoga informasi di blog ini dapat memberi gambaran mengenai keberadaan Honda NSR yang sudah semakin langka mengaspal di jalanan Indonesia...
Mungkin ada sebagian bro n sist di sini yang bertanya-tanya apa itu Honda NSR. "Kok ga pernah liat ya di jalan, bentuknya yang gimana sih", "2 tak, kapan Honda memproduksi motor 2 tak". Mungkin itu adalah sebagian pertanyaan yang timbul kala bro n sist pertama kali mendengar Honda NSR. Tapi mungkin bagi penggemar roda dua yang masa remajanya dulu tahun 90-an pasti pernah mendengar atau melihat penampakan Honda NSR.
Mari kita mulai saja pelajaran sejarahnya, hee...
NSR adalah singkatan dari New Sprint Racer, motor sport 2 tak lansiran Honda buat balap yang dikembangkan oleh divisi balap Honda Racing Corporation (HRC). Kala itu mereka mengembangkan varian dari NSR 500 (500cc) yang khusus untuk balapan di kelas GP, sampai dengan varian terimut NSR 50 (50 cc). Itulah yang pada waktu itu menjadikan prestise motor ini, gen motor balap dari Moto GP yang diturunkan sampai ke anak cicitnya (50 cc), hee...
Di Indonesia, varian yang beredar kala itu adalah Honda NSR 150 cc. Dari mulai yang single R, RR Astra, new RR / RRW dan yang paling mencuri perhatian adalah NSR 150 SP dengan pro arm-nya. Pada tahun 1994, Honda NSR pertama kali mengaspal di jalanan Indonesia. Kala itu Federal Motor (sekarang Astra Honda Motor) mendatangkan secaraCBU CKD varian NSR 150 R...
NSR 150 R pada waktu itu adalah motor dengan teknologi yang paling tinggi pada zamannya. NSR telah mengadopsi rangka full deltabox murni yang biasa digunakan untuk motor balap. Motor bermesin 150 cc 2-tak ini, juga telah dilengkapi dengan pendingin mesin radiator yang belum diadopsi motor sport lokal kala itu. Selain itu juga mengusung teknologi pembukaan valve otomatis yang diatur oleh komponen elektronik (RC Valve), sehingga dapat membuka dan menutup sesuai dengan kebutuhan mesin pada RPM tertentu tanpa membebani kerja mesin. RC Valve merupakan perangkat tambahan berupa katup butterfly di lubang buang. Kerja katup ini dikontrol langsung oleh CDI. Katup butterfly akan menutup seperempat lubang saat putaran rendah, dan membuka lebar ketika RPM mulai meninggi. Kerjanya, mirip katup KIPS pada Kawasaki Ninja 150 R saat ini...Yang membedakan adalah apabila KIPS dikontrol secara mekanis, RC Valve dikontrol secara elektrik...
Selain itu, desainnya yang sporty punya andil besar dalam membuat para bikers yang melihatnya terpesona.Kesuksesan NSR 150 R ditahun itu melatarbelakangi Federal Motor merakit kendaraan ini di dalam negeri di tahun berikutnya. Meski harganya cukup tinggi yaitu kisaran 8 jutaan (saat itu harga honda tiger 6 jutaan), motor ini tetap laris manis di Tanah Air. Model ini bertahan hingga tahun 1998, dengan mengalami beberapa update pada warna, striping, dan bentuk behel. Sayang karena krisis moneter, NSR 150 R ngga diproduksi lagi. Produksi terakhir keluar ditahun 1997/1998 dengan kisaran harga 12 jutaan rupiah...
Honda NSR 150 RR menjadi model kedua yang masuk di Indonesia di tahun 1999. Varian ini juga akrab disebut dengan NSR Astra. Hal ini disebabkan karena Federal Motor (sekarang Astra Honda Motor) sendiri yang mengimportnya dari Thailand. Konon katanya NSR 150 RR Astra ini Michael Doohan ikut terlibat dalam risetnya. Sebenarnya NSR 150 RR Astra ini merupakan barang sisa produksi di Thailand. Berhubung ngga lolos uji emisi di Thailand maka dikirim lah ke Indonesia...Indonesia jadi tempat buangan dong, hee...
Model dan bentuk NSR 150 RR sedikit banyak mencontek desain kakaknya yang dikenal dengan MC28 aka NSR 250. Ngga hanya body aja yang berubah bro n sist, NSR 150 RR juga mengalami perubahan pada bagian elektrikal yang semula AC menjadi DC. Sedangkan sektor tenaga juga lebih besar beberapa dk dari NSR 150 R...Motor inilah yang menjadi awal kecintaan saya terhadap Honda NSR...
Konon total ada 1600 unit pengiriman dan dipecah menjadi 2 kali, 800-800, tapi menurut rumor akhirnya yang masuk Indonesia hanya 800 unit saja. Saat itu dibanderol dengan harga 28 jutaan rupiah, dan terakhir di tahun 2001 dengan harga 30 jutaan rupiah...
Satu tahun kemudian, masuk NSR 150 New RR di tahun 2000. Desain bodi model ini lebih mirip dengan model NSR 150 SP. Beda di desain swing arm dan mesinnya aja. Tampilan warnanya juga lebih menarik dibandingkan model Astra. NSR New RR sudah ngga dijual langsung oleh Astra Honda Motor (AHM). Motor ini banyak dijual oleh para importir umum (IU) dan dibanderol saat itu dikisaran harga 35 jutaan...
Model terakhir yang masuk ke Indonesia adalah NSR 150 SP. Diproduksi oleh Honda Thailand dan masuk ke Indonesia melalui Importir Umum (IU). Saat itu dibanderol dengan harga kisaran 40 jutaan. Keunikan dari motor ini terletak pada pro arm dan motif repsol-nya. NSR 150 SP ini dibuat Honda seperti suatu bentuk penghargaan kepada Michael Doohan di ajang GP500...
NSR 150 SP menggunakan teknologinya terapan dari NSR 250 MC versi GP. Ada pembenahan counter weight crank shaft, untuk meringankan putaran bawah serta meminimalisir getaran saat dipacu hingga top speed. Makanya model ini menjadi salah satu buruan utama para bikers, bahkan hingga kini masih banyak yang mencarinya...Sumpah dah ni motor emang keterlaluan, makin tua harganya gak mau turun-turun, langka lagi, hee...
Nah, itulah sedikit banyak sejarah Honda NSR series yang mengaspal di Indonesia. Semoga berguna, keep safety riding bro n sis...
Salam RC Valve bro n sist sekalian, akhirnya blog sederhana ini punya tulisan perdana juga. Blog ini saya dedikasikan bagi seluruh penggemar Honda NSR dimanapun berada. Semoga informasi di blog ini dapat memberi gambaran mengenai keberadaan Honda NSR yang sudah semakin langka mengaspal di jalanan Indonesia...
Mungkin ada sebagian bro n sist di sini yang bertanya-tanya apa itu Honda NSR. "Kok ga pernah liat ya di jalan, bentuknya yang gimana sih", "2 tak, kapan Honda memproduksi motor 2 tak". Mungkin itu adalah sebagian pertanyaan yang timbul kala bro n sist pertama kali mendengar Honda NSR. Tapi mungkin bagi penggemar roda dua yang masa remajanya dulu tahun 90-an pasti pernah mendengar atau melihat penampakan Honda NSR.
Mari kita mulai saja pelajaran sejarahnya, hee...
NSR adalah singkatan dari New Sprint Racer, motor sport 2 tak lansiran Honda buat balap yang dikembangkan oleh divisi balap Honda Racing Corporation (HRC). Kala itu mereka mengembangkan varian dari NSR 500 (500cc) yang khusus untuk balapan di kelas GP, sampai dengan varian terimut NSR 50 (50 cc). Itulah yang pada waktu itu menjadikan prestise motor ini, gen motor balap dari Moto GP yang diturunkan sampai ke anak cicitnya (50 cc), hee...
Di Indonesia, varian yang beredar kala itu adalah Honda NSR 150 cc. Dari mulai yang single R, RR Astra, new RR / RRW dan yang paling mencuri perhatian adalah NSR 150 SP dengan pro arm-nya. Pada tahun 1994, Honda NSR pertama kali mengaspal di jalanan Indonesia. Kala itu Federal Motor (sekarang Astra Honda Motor) mendatangkan secara
NSR 150 R |
NSR 150 R pada waktu itu adalah motor dengan teknologi yang paling tinggi pada zamannya. NSR telah mengadopsi rangka full deltabox murni yang biasa digunakan untuk motor balap. Motor bermesin 150 cc 2-tak ini, juga telah dilengkapi dengan pendingin mesin radiator yang belum diadopsi motor sport lokal kala itu. Selain itu juga mengusung teknologi pembukaan valve otomatis yang diatur oleh komponen elektronik (RC Valve), sehingga dapat membuka dan menutup sesuai dengan kebutuhan mesin pada RPM tertentu tanpa membebani kerja mesin. RC Valve merupakan perangkat tambahan berupa katup butterfly di lubang buang. Kerja katup ini dikontrol langsung oleh CDI. Katup butterfly akan menutup seperempat lubang saat putaran rendah, dan membuka lebar ketika RPM mulai meninggi. Kerjanya, mirip katup KIPS pada Kawasaki Ninja 150 R saat ini...Yang membedakan adalah apabila KIPS dikontrol secara mekanis, RC Valve dikontrol secara elektrik...
Selain itu, desainnya yang sporty punya andil besar dalam membuat para bikers yang melihatnya terpesona.
NSR 150 RR (Astra) |
Honda NSR 150 RR menjadi model kedua yang masuk di Indonesia di tahun 1999. Varian ini juga akrab disebut dengan NSR Astra. Hal ini disebabkan karena Federal Motor (sekarang Astra Honda Motor) sendiri yang mengimportnya dari Thailand. Konon katanya NSR 150 RR Astra ini Michael Doohan ikut terlibat dalam risetnya. Sebenarnya NSR 150 RR Astra ini merupakan barang sisa produksi di Thailand. Berhubung ngga lolos uji emisi di Thailand maka dikirim lah ke Indonesia...Indonesia jadi tempat buangan dong, hee...
Model dan bentuk NSR 150 RR sedikit banyak mencontek desain kakaknya yang dikenal dengan MC28 aka NSR 250. Ngga hanya body aja yang berubah bro n sist, NSR 150 RR juga mengalami perubahan pada bagian elektrikal yang semula AC menjadi DC. Sedangkan sektor tenaga juga lebih besar beberapa dk dari NSR 150 R...Motor inilah yang menjadi awal kecintaan saya terhadap Honda NSR...
Konon total ada 1600 unit pengiriman dan dipecah menjadi 2 kali, 800-800, tapi menurut rumor akhirnya yang masuk Indonesia hanya 800 unit saja. Saat itu dibanderol dengan harga 28 jutaan rupiah, dan terakhir di tahun 2001 dengan harga 30 jutaan rupiah...
NSR 150 RR (New) |
Satu tahun kemudian, masuk NSR 150 New RR di tahun 2000. Desain bodi model ini lebih mirip dengan model NSR 150 SP. Beda di desain swing arm dan mesinnya aja. Tampilan warnanya juga lebih menarik dibandingkan model Astra. NSR New RR sudah ngga dijual langsung oleh Astra Honda Motor (AHM). Motor ini banyak dijual oleh para importir umum (IU) dan dibanderol saat itu dikisaran harga 35 jutaan...
NSR 150 SP |
Model terakhir yang masuk ke Indonesia adalah NSR 150 SP. Diproduksi oleh Honda Thailand dan masuk ke Indonesia melalui Importir Umum (IU). Saat itu dibanderol dengan harga kisaran 40 jutaan. Keunikan dari motor ini terletak pada pro arm dan motif repsol-nya. NSR 150 SP ini dibuat Honda seperti suatu bentuk penghargaan kepada Michael Doohan di ajang GP500...
NSR 150 SP menggunakan teknologinya terapan dari NSR 250 MC versi GP. Ada pembenahan counter weight crank shaft, untuk meringankan putaran bawah serta meminimalisir getaran saat dipacu hingga top speed. Makanya model ini menjadi salah satu buruan utama para bikers, bahkan hingga kini masih banyak yang mencarinya...Sumpah dah ni motor emang keterlaluan, makin tua harganya gak mau turun-turun, langka lagi, hee...
Nah, itulah sedikit banyak sejarah Honda NSR series yang mengaspal di Indonesia. Semoga berguna, keep safety riding bro n sis...
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Matut nuwun infonya mas bro,salam satu aspal...motor idaman ane ini hehe NSR 150 SP
ReplyDelete