Tuesday, July 28, 2015

NSR 150 R

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam RC Valve bro n sis...kali ini saya akan coba membahas mengenai salah satu varian NSR yang pernah tenar dan di Indonesia...yups...NSR 150 R...Varian ini merupakan varian NSR pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1994...

Dari beberapa sumber di internet memang banyak yang menyebutkan bahwa NSR 150 R pada tahun 1994 & 1995 merupakan produk CBU dari Federal Motor (sekarang Astra Honda Motor), atau bahasa kerennya adalah motor yang diimpor utuh dari Thailand sono...Namun banyak juga obrolan dari suhu-suhu NSR di Indonesia yang menyatakan bahwa NSR 150 R merupakan produk CKD. Jadi NSR 150 R didatangkan secara pretelan dan kemudian dirakit dan dipasarkan di Indonesia oleh Federal Motor.

Menurut Mas Fuad (salah satu suhu NSR Indonesia yang juga anggota Polri) seperti yang saya kutip dari FB beliau (ijin ya mas...), ada beberapa hal yang mendasari pendapat mengapa NSR 150 R adalah produk CKD (cmiiw)...

Yang pertama adalah penerbitan faktur pembelian NSR 150 R. Apabila motor CBU, faktur pembelian akan diterbitkan oleh importir, namun yang ada adalah faktur tersebut diterbitkan oleh Federal Motor...

Yang kedua adalah keberadaan Form A. Pada pembelian NSR 150 R tidak ditemukan adanya dokumen Form A yang menunjukkan barang masuk lewat bea cukai...

Yang ketiga adalah keberadaan dokumen PIB (Pemberitahuan Import Barang). Dari pengalaman, beliau tidak menemukan dokumen-dokumen tadi, bahkan sampai ngubek-ngubek di gudang berkas Samsat...

Yang keempat adalah nomor rangka. Nomor rangka untuk NSR 150 R berawalan MH, yang berarti itu adalah nomor rangka kendaraan yang dirakit di Indonesia...

Hal ini juga diperkuat oleh testimoni karyawan yang dulu bekerja merakit motor ini yang menyatakan bahwa Honda hanya memasukkan secara pretelan dan kemudian dirakit di pabrik Honda Sunter...So, bro n sis bisa mengambil kesimpulan sendiri ya...


NSR 150 R 1994

Honda NSR-150 R pada saat pertama kali diluncurkan sudah menggunakan teknologi RC Valve, yakni perangkat tambahan pada lubang buang yang berupa katup butterfly dan terkontrol oleh CDI. Mekanismenya, saat RPM rendah menutup seperempat lubang buang, kemudian akan membuka lebih lebar ketika RPM mesin beranjak naik, kondisi demikian yang membuat mesin putaran bawah lebih bertenaga namun lebih jinak. Dan performa mesin diputaran menengah keatas lonjakan tenaganya akan sangat terasa drastis...

salah satu warna varian NSR 150 R tahun 1994 (cmiiw), tapi yang ini velg sudah dimodif menggunakan velg racing...

Pada awalnya Honda NSR 150 R tersedia dalam warna putih dengan grafis tebal dominan kombinasi warna biru di fairing dan biru muda di fairing bawah hingga buritan. Selain itu juga ada warna merah putih, merah hitam, dan beberapa warna lainnya. Dipadukan dengan warna rangka delta box, sok depan, swing arm dan velg yang berwarna silver. Dan calter mesin berwarna hitam...

Behel mengadopsi model pipa bulat dan lebih rebah sehingga tampilan semakin aerodinamis dan berwarna hitam seperti mesin. Setang kemudi sudah mengaplikasi model jepit, dipadu dengan sok belakang model monosok...


NSR 150 R 1995

NSR 150 R tahun 1995 (cmmiw)...

Setelah mengetahui minat pasar Honda NSR-150 R yang makin membludak, maka diluncurkan warna yang lebih mengakomodir kawula muda. Warna hijau dan putih, dimana warna hijau untuk segmen pria mapan, putih untuk remaja...



NSR 150 R 1996-1998

NSR 150 R tahun 1996 (cmmiw) yang masih orisinilan, ckckckck....

Pada  tahun ini terjadi perubahan minor pada Honda NSR 150 R di bagian behel belakang. Beralih dari behel model pipa bulat ke model yang lebih sporty dan berwarna silver. Selain itu diluncurkan pula konsep warna Nastro Azzuro yang berbasis warna biru bergrafis tebal putih dan kuning. Sedangkan warna rangka berubah menjadi silver gelap. Monosok belakang juga berubah warna merah pada spiralnya yang menandakan suspensi lebih keras namun lebih stabil kala digeber dengan kecepatan tinggi...





Pada periode emas NSR 150 R (94-98), banyak jawara-jawaran balap menggunakan motor ini baik sebagai motor road race maupun drag bike. Beberapa bengkel ternama yang menggunakannya antara lain Dunia Motor, Yong’s Motor, GMC dan beberapa bengkel ternama lainnya. Namun NSR bukanlah produk yang sempurna di semua trek...NSR mempunyai kelemahan pada trek-trek pendek seperti arena pasar senggol yang sering juga dijuarai kompetitornya Ninja 150 R...




Dan pada akhirnya ketika Indonesia dihantam badai ekonomi pada tahun 1998, Astra Honda Motor menghentikan penjualan Honda NSR 150 R . Beberapa kompetitornya juga terpaksa menghentikan produksinya seperti Yamaha TZM dan Suzuki RGR karena terkena dampak yang sama. Hanya Kawasaki Ninja 150 R yang masih bertahan hingga kini, setidaknya sampai distop produksinya pada Juli 2015 ini...

Yang penasaran dengan spesifikasinya, monggo disimak...

NSR 150 R

Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm

Untuk yang pengen tau part list/katalog spare part NSR 150 R bisa klik di sini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment