Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam RC Valve bro n sis...Pada artikel kali ini saya akan coba membahas salah satu varian NSR yaitu NSR 150 RR. Sejarahnya gini nih bro n sis...Dulu pada tahun 1994, untuk pertama kalinya sejak 1989 Honda memenangkan gelaran GP 500 dengan NSR 500 yang dijokiin Mick Doohan. Saat itu adalah saat dimana Honda tanpa sponsor utama, jadi livery HRC sangat menonjol menempel di NSR 500. Logo NSR yang terkenal itu terpampang besar dan sangat dominan pada fairingnya. Hal ini menggambarkan arti pentingnya Honda NSR dan kebanggaan Honda NSR yang merupakan motor sport yang paling sukses saat itu...
Dari kepopuleran dan ketenaran Honda NSR 500 tersebut, Honda Thailand berusaha ingin merengkuh market motor cc yang lebih kecil (entry level) dengan mengembangkan NSR 150 cc. Generasi pertama NSR 150 adalah NSR 150 R. Pada masanya secara teknis telah mengadopsi teknologi terdepan dengan menggunakan silinder yang telah dibekali dengan RC Valve, sistem pendinginan cairan dan unit pengapian yang modern. Dari spesifikasinya, motor ini mempunyai power yang lebih dibandingkan dengan kendaraan entry level lainnya yang rata-rata berkubikasi 125 cc. Motor ini dilengkapi dengan headlamp berbentuk kotak dan body motor yang juga cenderung mengkotak. Diluncurkan di Thailand pada akhir 1980-an, NSR 150 R merupakan produk yang cukup sukses di sana. Meskipun menggunakan skema warna NSR 250, NSR 150 R sebenarnya tidak pernah terlihat seperti motor GP ataupun kakaknya NSR 250...
Pada tahun 1993, generasi NSR 150 diluncurkan dengan headlight berbentuk bulat ganda dan memiliki garis desain NSR 250 dan NSR 500. Model ini juga sukses di pasaran dan terjual ratusan ribu unit. NSR 150 RR menjadi motor sport yang populer di jalanan kota Bangkok saat itu, menemani rival-rivalnya Yamaha TZM 150 dan Kawasaki KR 150...
NSR 150 RR masuk Indonesia pertama kali di sekitar bulan September tahun 2000 dan terakhir keluar pada tahun 2001. Varian ini lebih dikenal dengan nama RR Astra, hal ini karena Honda (AHM/Astra Honda Motor) sendiri yang mengimportnya dari Thailand..
Varian ini merupakan hasil pengembangan Honda Racing Thailand. Mereka melakukan perubahan program kurva pengapian pada CDI dan yang terjadi adalah perbaikan di putaran bawah. Selain itu pada desain porting blok silinder juga terjadi perubahan dan kabel pengisian dari spul ke battery juga lebih besar, sehingga power Honda NSR 150 RR atau Honda NSR 150 Astra ini akselerasinya lebih baik. Desain bodinya cenderung didominasi lekukan yang terkesan bongsor dan modern mirip gaya Italia. Fairing depan sudah menggunakan double headlamp berbentuk bulat, sama halnya dengan lampu belakang yang juga menganut model bulat dua biji dan jok juga sudah bermodel berundak. Dari segi desain, sedikit banyak NSR 150 RR ini mencontoh desain body kakaknya yang sudah lebih dulu hadir, yaitu NSR 250 (MC 28)
Sebenarnya NSR 150 RR Astra ini merupakan barang sisa produksi di Thailand, berhubung tidak lolos uji emisi disana, dikirimlah ke negara-negara yang standar emisinya tidak seketat Thailand. Salah satunya di ekspor ke Indonesia. Total ada 1600 unit yang diimpor AHM, pengiriman dipecah 2x, 800-800, tapi menurut rumor akhirnya yang masuk hanya 800 unit. Masuk Indonesia dengan 2 warna, biru-putih dan merah-putih. Saat itu dibanderol dengan harga 28-jutaan rupiah, dan terakhir di 2001 dengan harga 30-jutaan rupiah. Konon katanya NSR150 RR Astra ini Michael Doohan ikut terlibat dalam risetnya...
Salam RC Valve bro n sis...Pada artikel kali ini saya akan coba membahas salah satu varian NSR yaitu NSR 150 RR. Sejarahnya gini nih bro n sis...Dulu pada tahun 1994, untuk pertama kalinya sejak 1989 Honda memenangkan gelaran GP 500 dengan NSR 500 yang dijokiin Mick Doohan. Saat itu adalah saat dimana Honda tanpa sponsor utama, jadi livery HRC sangat menonjol menempel di NSR 500. Logo NSR yang terkenal itu terpampang besar dan sangat dominan pada fairingnya. Hal ini menggambarkan arti pentingnya Honda NSR dan kebanggaan Honda NSR yang merupakan motor sport yang paling sukses saat itu...
NSR 500 tahun 1994 yang dikendarai Mick Doohan... |
Dari kepopuleran dan ketenaran Honda NSR 500 tersebut, Honda Thailand berusaha ingin merengkuh market motor cc yang lebih kecil (entry level) dengan mengembangkan NSR 150 cc. Generasi pertama NSR 150 adalah NSR 150 R. Pada masanya secara teknis telah mengadopsi teknologi terdepan dengan menggunakan silinder yang telah dibekali dengan RC Valve, sistem pendinginan cairan dan unit pengapian yang modern. Dari spesifikasinya, motor ini mempunyai power yang lebih dibandingkan dengan kendaraan entry level lainnya yang rata-rata berkubikasi 125 cc. Motor ini dilengkapi dengan headlamp berbentuk kotak dan body motor yang juga cenderung mengkotak. Diluncurkan di Thailand pada akhir 1980-an, NSR 150 R merupakan produk yang cukup sukses di sana. Meskipun menggunakan skema warna NSR 250, NSR 150 R sebenarnya tidak pernah terlihat seperti motor GP ataupun kakaknya NSR 250...
NSR 150 RR (Astra)...tuh mirip kan sama NSR 500-nya Mick Doohan... |
Pada tahun 1993, generasi NSR 150 diluncurkan dengan headlight berbentuk bulat ganda dan memiliki garis desain NSR 250 dan NSR 500. Model ini juga sukses di pasaran dan terjual ratusan ribu unit. NSR 150 RR menjadi motor sport yang populer di jalanan kota Bangkok saat itu, menemani rival-rivalnya Yamaha TZM 150 dan Kawasaki KR 150...
Salah satu brosur NSR 150 RR di Thailand sono...gak paham tulisan cacingnya, hee.... |
NSR 150 RR masuk Indonesia pertama kali di sekitar bulan September tahun 2000 dan terakhir keluar pada tahun 2001. Varian ini lebih dikenal dengan nama RR Astra, hal ini karena Honda (AHM/Astra Honda Motor) sendiri yang mengimportnya dari Thailand..
Varian ini merupakan hasil pengembangan Honda Racing Thailand. Mereka melakukan perubahan program kurva pengapian pada CDI dan yang terjadi adalah perbaikan di putaran bawah. Selain itu pada desain porting blok silinder juga terjadi perubahan dan kabel pengisian dari spul ke battery juga lebih besar, sehingga power Honda NSR 150 RR atau Honda NSR 150 Astra ini akselerasinya lebih baik. Desain bodinya cenderung didominasi lekukan yang terkesan bongsor dan modern mirip gaya Italia. Fairing depan sudah menggunakan double headlamp berbentuk bulat, sama halnya dengan lampu belakang yang juga menganut model bulat dua biji dan jok juga sudah bermodel berundak. Dari segi desain, sedikit banyak NSR 150 RR ini mencontoh desain body kakaknya yang sudah lebih dulu hadir, yaitu NSR 250 (MC 28)
Tuh kan...Mick Doohan aja jadi bintang iklan NSR 150 RR, hee... |
Sebenarnya NSR 150 RR Astra ini merupakan barang sisa produksi di Thailand, berhubung tidak lolos uji emisi disana, dikirimlah ke negara-negara yang standar emisinya tidak seketat Thailand. Salah satunya di ekspor ke Indonesia. Total ada 1600 unit yang diimpor AHM, pengiriman dipecah 2x, 800-800, tapi menurut rumor akhirnya yang masuk hanya 800 unit. Masuk Indonesia dengan 2 warna, biru-putih dan merah-putih. Saat itu dibanderol dengan harga 28-jutaan rupiah, dan terakhir di 2001 dengan harga 30-jutaan rupiah. Konon katanya NSR150 RR Astra ini Michael Doohan ikut terlibat dalam risetnya...
Yang mau tahu speknya:
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Mesin utk NSR R dan RR Astra (lampu bulet) 80% sama yg membedakan cuma pengapian saja NSR 150 R (AC) & NSR 150 RR Astra (DC), horsepower NSR 150 R 28 ps & NSR 150 RR Astra 30 ps.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
No comments:
Post a Comment