Wednesday, November 16, 2016

NSR 250 (MC21)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam RC Valve bro n sist...
Sudah lama ya tidak membahas varian NSR lagi. Nah, kali ini saya akan berusaha membahas mengenai salah satu varian NSR 250 yaitu MC 21.

Pada tahun 1990, NSR 250 mengalami perubahan yang besar. NSR versi baru ini mulai dijual tanggal 13 Februari 1990. NSR 250 tipe ini diberi kode nama MC21, dan benar-benar baru dan berbeda dalam segala hal dari versi sebelumnya. MC21 ini telah dilengkapi fitur-fitur baru yang inovatif dan telah memanfaatkan teknologi ECU PGM III yang diambil dari RC30 Superbike.

Semuanya serba baru, dari suspensi gullarm, body yang lebih menarik, sistem intake PGM III, diameter velg 17 inchi dengan ban yang sporty dan skema warna yang berbeda. Warna yang tersedia untuk tahun 1990 adalah warna merah dan putih dengan aksen biru, biru dan putih dengan aksen kuning, juga hitam dan merah dengan aksen abu-abu. Ini adalah jenis warna standar NSR 250 R dan NSR 250 SP tahun 1990 yang dihargai 609.000 Yen.

MC21 tahun 1990 versi R

MC21 tahun 1990 versi R

MC21 tahun 1990 versi R


SPECIFICATION 1990 NSR 250 R
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.345m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
151 (132)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder
reed valve/exhaust valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.3
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube


Pilihan seri SP juga tersedia dengan warna racing red, silver, gold dan black. Versi SP memiliki fitur velg yang dicat emas terbuat dari magnesium, kopling kering, dan suspensi depan & belakang yang dapat disesuaiakan. Versi ini dijual terbatas sebanyak 2.500 unit. Dan harga untuk seri SP lebih tinggi sekitar 719.000 Yen.

MC21 tahun 1990 versi SP

SPECIFICATION 1990 NSR 250 SP
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.340m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
152 (133)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder
reed valve/exhaust valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.4
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Dry multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube

Setiap tahun terlihat perubahan MC21 yang diperkenalkan. Selain variasi dalam warna tidak ada perubahan besar sampai tahun 1993. Pada tahun 1991 Honda merilis versi baru dari NSR dan ada tiga jenis versi untuk dijual. Versi standar itu disebut versi 250R. Versi ini tersedia hanya hitam dengan abu-abu dan aksen silver. Versi R itu dihargai 620.000 Yen dan tidak termasuk opsi tambahan seperti versi SE dan SP. Versi itu adalah versi dengan harga paling murah sebagai alternatif versi yang lebih mahal SE dan SP.

MC21 tahun 1991 versi R

SPECIFICATION 1991 NSR 250 R
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.340m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
153 (134)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder
reed valve/exhaust valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.4
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Wet multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube


Tahun 1991 adalah tahun pertama untuk versi SE (Super Edition). versi ini pada dasarnya untuk menjembatani gap harga antara versi R dan SP. versi ini pada dasarnya dalah versi SP tapi dengan menggunakan velg standar enkei alloy yang lebih murah. Perbedaan harga antara versi SE dan SP sekitar 80,000 yen. Versi ini dijual dengan warna Honda Flash (merah, hijau, dan biru), dan edisi limited Pentax Racing yang hanya dijual 1500 buah saja. Versi ini tersedia dalam satu warna fighting red / white dengan biru dan hijau membedakannya dari versi tipe R biasa. Versi SE dihargai yang lebih tinggi pada 660.000 Yen. Versi SE ini mengadopsi fitur kopling kering dan suspensi adjustable untuk depan dan belakang. Versi SE ini dijual tanpa velg magnesium yang berbobot ringan lebih mahal.

MC21 tahun 1991 versi SE


SPECIFICATION 1991 NSR 250 SE
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.340m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
153 (134)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.4
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Dry multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube

Untuk versi SP, MC 21 tahun 1991 dijual dengan skema warna Pentax Racing. Versi ini memiliki bobot yang ringan dan sangat harga yang lebih tinggi karena telah mengadopsi velg Mag-Tek (magnesium) yang dibuat oleh Enkei. Suspensi sepenuhnya dapat disesuaikan untuk depan dan belakang plus ditambah fitur kopling kering. MC 21 NSR 250 tahun 1991 versi SP ini dihargai 719.000 Yen dan diproduksi terbatas sebanyak 1.500 unit sehingga menjadi motor yang cukup langka dan mahal.

MC21 tahun 1991 versi SP

SPECIFICATION 1991 NSR 250 SP
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.340m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
152 (133)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder
reed valve/exhaust valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.4
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Dry multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube


Pada tahun 1992, MC 21 tidak mengalami perubahan besar tapi tampil dengan warna baru. Jenis R standar dihargai 620.000 Yen dan tampil dengan warna baru ross white dan real blue dengan aksen oranye pada fairing dan hijau pada bodi belakang yang menjadi terkenal pada NSR versi ini.


MC21 tahun 1992 versi R

SPECIFICATION 1992 NSR 250 R
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.340m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
151 (132)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder
reed valve/exhaust valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.4
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Wet multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube

Versi SE pada kali ini diperkenalkan dengan dua warna yang berbeda yang tersedia dalam fighting red dan ross white dengan aksen biru dan hijau yang ditandai pada body belakangnya. Warna-warna lain untuk SE adalah hitam merah dengan aksen perak dan tentu saja aksen hijau pada body belakangnya. Versi SE NSR ini ditandai berbeda dari versi standar NSR dan harganya tidak berubah dari versi SE tahun sebelumnya yaitu 660.000 Yen.

MC21 tahun 1992 versi SE

MC21 tahun 1992 versi SE

SPECIFICATION 1992 NSR 250 SE
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.340m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
153 (134)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder
reed valve/exhaust valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.4
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Dry multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube

Honda mengeluarkan kembali versi Rothmans pada NSR 250 SP tahun 1992 dengan semua fitur seperti tahun sebelumnya. Ini generasi kedua Rothmans dan hanya diproduksi terbatas 1.500 unit dengan harga 770.000 Yen. Versi SP ini menandakan bahwa versi ini merupakan versi terbatas yang dibuat oleh Honda.

MC21 tahun 1992 versi SP

SPECIFICATION 1992 NSR 250 SP
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.340m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
152 (133)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder
reed valve/exhaust valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.4
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Dry multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube

Pada tahun 1993 tidak ada perubahan untuk MC21 kecuali untuk versi SP yang tidak lagi tersedia dalam warna Rothmans. Sebaliknya versi yang ditawarkan adalah warna yang sama dengan 1992 warna SE. Satu-satunya perbedaan adalah sticker di body belakang yang ditandai versi SP, tanda HRC di bawah sein depan dan trim hijau di body belakang. Ini adalah versi SP terakhir yang dibuat untuk jenis MC21 dan terbatas hanya 900 buah, sehingga membuat versi ini adalah versi NSR paling langka dari semua. Honda total memproduksi NSR sebanyak 106.000 dari versi pertama MC16 1987 sampai versi NSR MC21 akhir ada tahun 1993. MC21 diproduksi terakhir pada Agustus 1993.

MC21 tahun 1993 versi SP

SPECIFICATION 1993 NSR 250 SP
Model
MC21
Lenght
1.975m
Width
0.655m
Height
1.060m
Wheel Base
1.340m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.770m
Weight (Dry)
152 (133)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
30.2km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder
reed valve/exhaust valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0x54.5mm
Compression Ratio
7.4
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.7kg-m/8,500rpm
Carburetor Type
TA22
Starting Method
Kick
Ignition
PGM-CDI
Lubrication
Seperate Pump (engine)
splash type (transmission)
Oil Capacity
2.0l (transmission 0.9l)
Fuel Capacity
16l
Clutch
Dry multi-plate, coil spring
Transmission
Constant mesh 6-speed
Caster/Trail
23°15’/87mm
Tire Size (F-R)
110/70-17 54 H
150/60-R17 66 H
Brakes (F-R)
Hydraulic Dual Disc (Floating Disc)
Hydraulic Disc (Floating Caliper)
Suspension (Front)
Telescopic Fork
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, twin tube

Demikian, semoga berguna...

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment